Sabtu, 28 Agustus 2010

Mengapa Doa belum dikabulkan ?


Memang benar bahwa ALLAH akan mengabulkan semua doaseperti janji NYA. Dan tinggal soal  waktu kapan dikabulkan.Yang jadi masalah, BAGAIMANA KALAU DOA ITU TIDAK SAMPAI KE LANGIT??  Karena tidak mencukupi syarat-syarat doa yang akan dikabulkan.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan." (QS. Al-Mu'min: 60).

" Barang siapa tidak mau meminta kepada Allah, niscaya Allah akan marah kepadanya" (HR.Ahmad, Tirmizi, dihasankan Al-Albani)

Doa adalah makanan kesehariaan kita, doa adalah ratap tangis kita. Ketika hati penuh nestapa, dibalut kesedihan, ditertawakan oleh duka, kesulitan selalu mengintai. Doalah sebagai senjata pamungkas dan solusi terbaik.

Tapi kaget, ketika doa yang di panjatkan ternyata tidak berbuah apa-apa.  Sedih hati rasanya, bagaimana bisa menyelesaikan semua yang dihadapi sedangkan apa yang dirindukan tidak kunjung tiba ?  bertanyalah hati, apakah Allah tidak mau mendengarkan doa ku?

mengapa itu bisa terjadi? Marilah bersama kita merenungkannya, Mungkin saja ada yang terlupakan oleh kita, apakah itu ?

Belum Bertaubat Dari Dosa-Dosa

Mungkin saja kita belum bertaubat. Bagaimana mungkin doa itu terkabul sedangkan kita masih berbalut dosa?? Masih berselimut maksiat!!!cobalah bertaubat dahulu sebelum berdoa. Salat 2 rakaat sunnah apa saja, mau salat taubat, salat sunnat wudhu, tahajud dll. Sesudah salat istighfar dulu min. 100 x.

Jarang/Tidak Pernah Bersyukur

Mungkin saja kita jarang atau tidak sama sekali bersyukur. Dalam Al-Qur'an disebutkan:

 " Bila kalian bersyukur, maka niscaya kutambahkan nikmat atas kalian. Dan bila kalian mengingkari nikmatKU, sungguh siksaku amat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

 Bersyukur itu bukan masalah suka atau tidak, tapi wajib dan harus. Kalau tidak bersyukur kita diancam dengan kepedihan, nestapa ditambah siksa. Nah mana mungkin doa dikabul sedangkan bersyukur saja tidak, malah kita terancam dengan siksa lagi.

Lupa Kewajiban Terhadap Sesama


Mungkin saja kita lupa pada orang miskin, lupa pada tetangga yang kelaparan, saudara jauh kita yang mungkin tak punya uang untuk bayaran, ya perbanyak bersedekahlah.

Tidak Memperhatikan Ke Halalan Makanan

Mungkin saja kita sering makan makanan yang haram. Ingatlah,seruan agama bahwa kita harus menjaga perut kita dari yang haram.

Itulah sekelumit mengapa doa tidak terkabul masih ada beberapa dan Insya Allah dalam kesempatan lain. Tentunya masih banyak lagi untuk itulah , mari kita terus menggali dan memperkaya diri terhadap ilmu agama tidak saja hanya ilmu dunia yang kita cari, ilmu dunia dan akherat tentunya harus seimbang dan tentulah utamakan ilmu akherat mu agar engkau selamat dalam mencari ilmu dunia.

Wallahu'allam.

"Ya Allah, jadikan kami hamba yang selalu bersyukur, jangan jadikan kami hamba yang tidak pernah bersyukur karena kami yakin bahwa kemarahan-Mu sakit dan pedih rasanya. Ya Allah, jadikan keluarga kami, anak-anak kami yang selalu menegakan shalat, rajin membaca Al-Qur'an. Betapa malu rasanya sekolah terbaik kami berikan, pendidikan terbaik kami usahakan. Namun kami lupa pendidikan Islam bagi anak-anak kami. Ya Allah, aku malu kemanapun kami bisa pergi, namun ke majelis yang selalu menyebut namaMu, tidak sekalipun kami injak. Ya Allah jangan karena itu doa kami tidak dikabulkan. Ke dunia mana kami akan pindah, jika Engkau sudah tidak sudi mendengar doa kami."





















 

1 komentar:

  1. mungkin doa kita sudah diganti dengan pemberian Allah yang lain

    BalasHapus